Cari Blog Ini

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 06 Juni 2011

profil

Posted by jamal 08.00, under | No comments

PROFIL SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM BAHRUL ULUM  (STAI-BU)
TAMBAKBERAS JOMBANG JAWA TIMUR


Pada tahun 1965 (alm) KH. Abdul Wahab Hasbulloh sebagai salah seorang penerus perjuangan orang tuanya KH. Abdussalam atau yang juga dikenal dengan sebutan Mbah Shoichah, pada saat itu sebagai Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Tambakberas Jombang Mendiklarasikan ”BAHRUL ULUM” sebagai nama pondok pesantren sekaligus menetapkan pula lambang lembaga pendidikan ini. Hal ini beliau lakukan untuk merespon tuntutan zaman yang sekaligus merupakan obsesi besarnya menjadikan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang sebagai lautan ilmu.
Berdirinya Yayasan Universitas Bahrul Ulum (UNIBA) Tambakberas Jombang, adalah merupakan buah pikiran dan cita-cita  KH. Abdul Wahab Hasbulloh sebagai pendiri Pondok Pesantren Bahrul Ulum yang ingin mengembangkan pendidikan bagi para santrinya hingga mencapai pada jenjang pendidikan tinggi. Yayasan Universitas Bahrul Ulum dibentuk sebagai pesyaratan pendirian perguruan tinggi di lingkungan Pondok Pesantren Bahrul Ulum. Oleh sebab itu Yayasann Universitas Bahrul Ulum berobsesi pada pengembangan Perguruan Tinggi di lingkungan Pondok Pesantren.
 Terbentuknya Yayasann Universitas Bahrul Ulum (UNIBA)   berawal dari didirikannya lembaga pendidikan tinggi bernama Akademi Bahasa Asing (ABA) Bahrul Ulum tahun 1983 oleh (Alm.) KH. Moh. Najib Abdul Wahab, seorang Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Akademi Bahasa Asing Bahrul Ulum itu berlangsung hingga tahun 1988. Kemudian mulai tahun 1989 berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Bahrul Ulum (STIT-BU) Tambakberas Jombang. Sejak awal berdirinya hingga tahun 1992 berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dengan akta notaris Salim Harmoko S.H. Nomor: 18 Tanggal 19 Pebruari 1983 yang berkedudukan di Mojokerto.

                Selanjutnya, Perguruan Tinggi di rasa perlu memiliki Yayasan tersendiri, kemudian para pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, mengadakan musyawarah pada tanggal 25 Nopember 1993 di kediaman Ibu Nyai Hj. Abdul Wahab Hasbulloh untuk membentuk Yayasan Universitas Bahrul Ulum (UNIBA) Tambakberas Jombang. Hasil musyawarah itu dibakukan melalui Surat Keputusan Sidang Pleno Keluarga Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, pada hari Kamis, tanggal 25 Nopember 1993 dengan SK. No:01/PI-K/PPBU/XI/1993. Yayasan Universitas Bahrul Ulum diakui pemerintah berdasarkan Akte Notaris Bazron Humam S.H. nomor: 27 tanggal 15 Desember 1993 berkedudukan di Jombang.

               Sebagai yayasan yang berada dilingkungan Pondok Pesantren dan bergerak dalam bidang pendidikan tinggi tentu saja visi dan misi yayasan ini diarahkan pada tercapainya sebuah perguruan tinggi yang dapat menghasilkan sarjana-sarjana yang mempunyai keseimbangan antara intelektual dan moral dalam menghadapi tantangan dunia global. Sarjana yang tidak hanya mampu mengembangkan ilmu pengetahuan berdasar rasio semata tetapi dapat mengembangkan manfaat dampak sosial yang ditimbulkan dari kemajuan ilmu pengetahuan tersebut.

               Sejauh ini yayasan UNIBA telah membuat program-program pengembangan Perguruan Tinggi baik terkait dengan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), Pengembangan Program Pendidikan maupun penambahan sarana dan prasarana, program-program tersebut telah diusahakan secara maksimal, namun demikian tidak semua program tercapai dengan maksismal disebabakan karena adanya beberapa kendala yang dihadapinya.
 


B.        Visi, Misi dan Tujuan STAI Bahrul Ulum

Visi : Mencetak tenaga pendidik yang profesional, bertaqwa kepada Allah Swt dan berakhlaqul karimah  
Misi :
1.        Mengembangkan Ilmu Kependidikan yang relevan dengan  kemajuan zaman dimasa kini dan mendatang
2.        Mengantar mahasiswa menjadi tenaga pengajar yang memiliki wawasan yang mendalam, berakhlaq mulia cerdas trampil dalam melaksanakan tugas dan pengabdianya.
3.        Mengantarkan mahasiswa menjadi tenaga kependidikan yang mampu mengarahkan roda pembaharuan pendidikan Islam
Tujuan:
1.        Menyiapkan peserta didik (mahasiswa) menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik, metodologis dan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan atau menciptakan ilmu pengetahuan dan teknologi bernafaskan Islam.
2.        Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni dan budaya bernafaskan Islam, dan mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat dan memperkaya kebudayaan nasional.
3.        Menghasilkan pendidik (guru) agama Islam yang memiliki pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai yang diperlukan untuk menjadi pendidik agama Islam pada jenis pendidikan keagamaan Islam, serta pembimbing dan penggerak kegiatan keagamaan di masyarakat.
4.        Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan tambahan dalam membentuk, mengelola dan mengorganisir, merencanakan dan melaksanakan program pendidikan, melakukan supervisi, monitoring dan evaluasi program satuan pendidikan keagamaan Islam. 

C.        Penampilan (Performance) Kelembagaan

Gambaran performance kelembagaan yang dibangun oleh STAI Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, untuk mewujudkan visi, misi dan tujuannya adalah:
1.        Memiliki kecakapan manajemen yang mampu menggerakkan potensi-potensi yang dimiliki untuk menumbuhkembangkan kreatifitas seluruh civitas akademika.
2.        Memiliki tradisi akademik yang mendorong lahirnya kewibawaan akademik bagi seluruh civitas akademika.
3.        Memiliki pemimpin yang mampu dan sanggup mengakomodir seluruh potensi yang dimiliki menjadi kekuatan penggerak lembaga.
4.        Memiliki tenaga akademik yang memadai dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi agama Islam.
5.        Memiliki sarana pendidikan yang memadai (ruang kuliah, ruang pimpinan, ruang pelayanan administrasi, ruang perpustakaan, ruang kegiatan kemahasiswaan) dan beberapa sarana penunjang yang lain.
6.        Beridentitas dan berparadigma keislaman, dinamis, inovatif dan peduli pada lingkungan masyarakat sekitarnya.
7.        Memiliki hubungan kerja sama simbiosis mutualis dengan lembaga-lembaga pendidikan formal (perguruan tinggi lain, madrasah dan sekolah) serta masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan.
8.        Barada di lingkungan pondok pesantren, bernuansa agamis, mahasiswa bisa kuliah dan mengaji di pesantren. 

D.       Program Pendidikan Yang Diselenggarakan

0 komentar:

Posting Komentar

CO.CC:Free Domain
Free Website Hosting

Tags

Blog Archive